Memikirkan Ulang Peran Youth Pastor sebagai Pembuat Murid dalam Pelayanan Kaum Muda

  • Ronny Christian
Keywords: Peran Youth Pastor, Pembuat Murid, Pelayanan Kaum Muda

Abstract

Sebuah penelitian etnografi menunjukkan bahwa rohaniwan kaum muda bukanlah tokoh yang banyak disebut ketika responden penelitian mengungkapkan tentang bagaimana komunitas gereja membentuk mereka. Meskipun hasil penelitian tersebut tidak berkesimpulan bahwa peran rohaniwan kaum muda tidak vital dalam pelayanan kaum muda, temuan penelitian itu mendorong youth pastor untuk memikirkan ulang perannya dalam pelayanan kaum muda. Tulisan ini bertujuan untuk membahas keberadaan youth pastor sebagai pribadi yang tidak hanya bertindak sebagai pemberi makna rohani dalam kegiatan kaum muda di gereja, namun juga sebagai pribadi yang memuridkan kaum muda bagi Kristus. Tulisan ini menawarkan sebuah pendekatan teologis yang dapat menjadi dasar bagi rohaniwan kaum muda yang ingin menjadi pembuat murid bagi Kristus. Selain itu, tulisan ini diakhiri dengan sebuah penjelasan tentang rangkaian proses yang perlu dilalui seorang youth pastor untuk dapat memuridkan kaum muda.

References

Chan, Edmund. Kemuridan Radikal: Lima Pertanyaan Penting. Singapore: Covenant Evangelical Free Church, 2014.

Folmsbee, Chris. A New Kind of Youth Ministry. El Cajon, CA: Zondervan/Youth Specialties, 2007. Edisi Kindle.

Harrington, Bobby dan Josh Patrick. Buku Panduan Pembuat Murid: 7 Aspek Caya Hidup Pemuridan. Yogyakarta: Penerbit Katalis, 2017.

Morton, Scott. Pemuridan untuk Semua Orang. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Gloria, 2011.

Robbins, Duffy. Building a Youth Ministry that Builds Disciples: A Small Book About a Big Idea. Grand Rapids: Zondervan/Youth Specialties, 2012. Edisi Kindle.

Root, Andrew. Bonhoeffer sebagai Pelayan Kaum Muda: Visi Teologis untuk Pemuridan dan Hidup Bersama. Diterjemahkan oleh Hendro Lim dan Fora Setia. Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung, 2017.

Sinaga, Astri. "Komunitas Kaum Muda Gereja: Studi Etnografi Komisi Remaja-Pemuda di Gereja Injili-Tionghoa di Jakarta." Jurnal Youth Ministry 2 (November 2014): 73-81.

Tim Staf Perkantas, Pemuridan Dina mis Membangun Bangsa: Memuridkan Berbasis Kelompok Kecil dan Profil. Jakarta: Literatur Perkantas, 2013.

Viola, Frank. Discipleship in Crisis: 9 Reasons Why Discipleship isn't Working Today Problems and Solutions. http://frankviola.org/dic7714.pdf (diakses 6 Desember 2017).

Published
2016-05-01
How to Cite
Christian, R. (2016). Memikirkan Ulang Peran Youth Pastor sebagai Pembuat Murid dalam Pelayanan Kaum Muda. Jurnal Youth Ministry (2013-2016), 4(1), 25-35. https://doi.org/10.47901/jym.v4i1.440