Persahabatan Rohani sebagai Sarana Formasi Spiritual dalam Kehidupan Orang Kristen

  • Gita Ria
Kata Kunci: formasi spiritual, persahabatan rohani, disiplin rohani, komunal

Abstrak

Pembahasan terkait formasi spiritual cenderung menekankan disiplin rohani yang dilakukan secara pribadi dan kurang memperhatikan aspek komunal. Seharusnya, disiplin rohani yang dilakukan secara pribadi maupun komunal dapat diterapkan bersamaan. Tulisan ini bertujuan untuk tentang disiplin rohani yang dilakukan secara komunal, khususnya melalui persahabatan rohani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui persahabatan rohani, seseorang dapat mengalami formasi spiritual yang menolongnya untuk dapat menjadi semakin serupa dengan Kristus. Terdapat beberapa prinsip yang harus diterapkan untuk membangun persahabatan rohani, prinsip-prinsip yang berbeda dengan persahabatan pada umumnya, yaitu berorientasi pada Kristus, kesetaraan, dan komitmen. Prinsip-prinsip tersebut perlu dilakukan secara sengaja. Dengan demikian, melalui persahabatan rohani, seseorang dapat menemukan aspek-aspek dalam dirinya yang perlu diubah maupun ditingkatkan, yang tentunya mengarah kepada keserupaan dengan Kristus.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aelred of Rievaulx. Spiritual Friendship: The Classic Text with a Spiritual Commentary by Dennis Billy, C.Ss.R. Classics with Commentary. Notre Dame: Ave Maria Press, 2008.

Allen, Norm. Spiritual Friendship: The Art of Being Friends with God and a Few Others. Toronto: Clements, 2012.

Burt, Donald X. Friendship and Society: An Introduction to Augustine’s Practical Philosophy. Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans, 1999.

Coe, John H. "Approaches to The Study of Christian Spirituality." Dalam Dictionary of Christian Spirituality, diedit oleh Glen G. Scorgie, 34-39. Grand Rapids: Zondervan, 2011.

Crossin, John W. Friendship: The Key to Spiritual Growth. Mahwah: Paulist, 1997.

Hauerwas, Stanley, dan Charles Pinches. Christians Among the Virtues: Theological Conversations with Ancient and Modern Ethics. Indiana: Notre Dame, 2009.

Holmes, Jonathan. The Company We Keep: In Search of Biblical Friendship. Minneapolis: Cruciform Press, 2014.

Howard, Evan B. The Brazos Introduction to Christian Spirituality. Grand Rapids: Brazos Press, 2008.

McGrath, Alister E. Christian Spirituality: An Introduction. Oxford: Wiley-Blackwell, 1999.

Nouwen, Henri J. M., Michael J. Christensen, dan Rebecca Laird. Spiritual Formation: Following the Movements of the Spirit. New York: HarperOne, 2010.

Pope Benedict XVI. The Fathers of the Church: From Clement of Rome to Augustine of Hippo. Diedit oleh Joseph T. Lienhard. Grand Rapids: Eerdmans, 2009.

Sasongko, Nindyo. "Spiritual Companionship: Anam ċara sebagai Seni Praktika yang Hilang di Gereja Kontemporer?" Theologia in Loco 2, no. 1 (2020): 24-47.

Scorgie, Glen G. "Overview of Christian Spirituality." Dalam Zondervan Dictionary of Christian Spirituality, diedit oleh Glen G. Scorgie, 27-33. Grand Rapids: Zondervan, 2011.

Vyhmeister, Nancy Jean, dan Terry Dwain Robertson. Quality Research Papers: For Students of Religion and Theology. Ed. ke-4. Grand Rapids: Zondervan Academic, 2020.

White, Carolinne. Christian Friendship in the Fourth Century. New York: Cambridge, 1992.

Diterbitkan
2023-12-29
##submission.howToCite##
Ria, G. (2023). Persahabatan Rohani sebagai Sarana Formasi Spiritual dalam Kehidupan Orang Kristen. Jurnal Pelayanan Kaum Muda, 1(2), 15-29. https://doi.org/10.47901/jpkm.v1i2.561