Pembelajaran yang Transformatif dalam Pelayanan Kaum Muda
Abstrak
Masa muda adalah masa di mana seseorang mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan dalam dirinya, baik kemampuan, keterbatasan, kepercayaan, maupun nilai- nilai sosial. Dalam proses tersebut, pembelajaran yang transformatif bisa menjadi salah satu proses pembelajaran yang penting bagi kaum muda karena mengutamakan pengalaman dan refleksi diri, tidak hanya transfer pengetahuan. Melalui metode studi kepustakaan, tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran yang transformatif dapat dilakukan dalam konteks pelayanan kaum muda agar kaum muda dapat memenuhi tujuan Allah dalam hidup mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang transformatif dapat memberikan dampak yang positif dalam hidup kaum muda: (1) pembelajaran yang transformatif dapat menolong kaum muda memeriksa kembali seluruh aspek kehidupannya; (2) pembelajaran yang transformatif bisa memungkinkan kaum muda memiliki daya kreasi yang tinggi; dan (3) dalam perpaduan dengan pembentukan spiritualitas, pembelajaran yang transformatif membuka peluang bagi kaum muda untuk terlibat aktif dalam berbagai bentuk pelayanan.
Downloads
Referensi
Arnett, Jeffrey Jensen. Adolescence and Emerging Adulthood: A Cultural Approach. Edisi ke-5. New Jersey: Pearson Education, 2013.
Beard, Christopher B. "Connecting Spiritual Formation and Adult Learning Theory: An Examination of Common Principles." Christian Education Journal 14, no. 2 (2017): 247-69.
Bell, Skip. "Learning, Changing, and Doing: A Model for Transformational Leadership Development in Religious and Non-Profit Organizations." Journal of Religious Leadership 9, no. 1 (2010): 93-111.
Bhattacharyya, Swasti. "Embodied Challenges: Transformative Learning." Journal of Feminist Studies in Religion 32, no. 1 (2016): 131-35.
Chandra, Robby I. Transformasi: dari Kepompong ke Langit Biru. Jakarta: Binawarga, 2004.
Cranton, Patricia. Understanding and Promoting Transformative Learning: A Guide to Theory and Practice. Edisi ke-2. San Fransisco: Jossey-Bass, 2006.
De Jong, Norman. Teaching for a Change: A Transformational Approach to Education. Phillipsburg: P&R Publishing, 2001.
Gorman, Julie. "'There’s Got to Be More!' Transformational Learning." Christian Education Journal 5, no. 1 (2001): 23-51.
Holmen, Mark. Gereja + Rumah: Formula Membangun Iman Abadi. Diterjemahkan oleh Denny Pranolo. Bandung: Pionir Jaya, 2016.
Kang, Hokyung Paul. "Perception and Experience of Transformative Learning and Faculty Authenticity among North American Professors of Christian Education (NAPCE)." Christian Education Journal 10, no. 2 (2013): 339-59.
Keating, Thomas. "Transformational Christianity." Sewanee Theological Review 53, no. 3 (2010): 257-60.
Logan, Rosemary. "Getting Smart to Do Good: Transformative Learning Experiences of Expeditionary Learning Graduates." Disertasi Ph.D., Prescott College, 2013.
Marmon, Ellen L. "Cross-Cultural Field Education: A Transformative Learning Experience." Christian Education Journal 7, no. 1 (2010): 70-83.
Mikaelian, Mariet. "The Transformative Learning Experiences of Southern California Church-Based Small Group Members." Christian Education Journal 15, no. 2 (2018): 171-88.
Pazmiño, Robert W. "A Transformative Curriculum for Christian Education in the City." Christian Education Journal 6, no. 1 (2002): 73-82.
Sinaga, Astri. "Pop Culture dan Cerita Kita." Jurnal Youth Ministry 3, no. 1 (2015): 5-16.
Young, Curtis J. "Transformational Learning in Ministry." Christian Education Journal 10, no. 2 (2013): 322-38.