Penerapan Mutual Direction dalam Pelayanan Kaum Muda

  • Izak Rio Hernemus Bainuan STT Amanat Agung
Kata Kunci: mutual direction, pembimbing spiritual, kaum muda, pelayanan kaum muda, gereja

Abstrak

Pengaruh modernisasi dan era disrupsi telah membuka ruang yang lebih besar terhadap kebutuhan akan pembimbingan dan pengarahan rohani. Generasi muda memerlukan bimbingan dan pengarahan secara spiritual untuk menolong mereka menghadapi berbagai masalah dan krisis yang dihadapi hari ini. Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa mutual direction dapat menjadi salah satu alternatif untuk dapat diterapkan dalam konteks pelayanan kaum muda guna membentuk kehidupan spiritual yang sehat. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutual direction adalah sebuah tipe spiritual direction yang dapat menolong kaum muda menghadapi masa-masa sulit dan krisis dalam hidup mereka. Gereja perlu memperlengkapi kaum mudanya dalam menghadapi masalah tersebut, termasuk memperlengkapi mereka dalam mendampingi teman atau sahabatnya yang sedang menghadapi masalah atau krisis. Penerapan mutual direction memerlukan dukungan dari semua komponen di gereja, bukan semata-mata menjadi tugas dari pengurus pemuda, pemimpin kelompok anak muda, youth workers, atau majelis pendamping pemuda saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alice, Fryling. Seeking God Together: An Introduction to Group Spiritual Direction. Illinois: IVP Books, 2009.

Blythe, Teresa. Spiritual Direction 101: The Basics of Spiritual Guidance. Berkeley: Apocryphile Press, 2018.

Jones, W. Paul. The Art of Spiritual Direction: Giving and Receiving Spiritual Guidance. Nashville: Upper Room Books, 2002.

Kartika, Casthelia. "Spiritual Direction I: Types, Purposes, and Methods." Materi Kuliah dipresentasikan pada Mata Kuliah "Spiritual Direction for Youth," STT Amanat Agung, 18 Januari 2022.

McEachrane, Hollis H. "Developing a Model for Spiritual Guidance and Peer Mentoring for Youth and Youth and Young Adults in the New Life Seventh-day Adventist Fellowship in Berrien Springs, Michigan." Disertasi D.Min., Andrews University, 2011.

Nouwen, Henri, Michael J. Christenses, dan Rebecca J. Laird. Spiritual Direction : Wisdom for the Long Walk of Faith. New York: Harper One, 2006.

Selvam, Sahaya G. "The Unnamed Companion on The Road: Spiritual Accompaniment in The Context of Youth Ministry." The Journal of Youth Ministry 11, no. 2 (2013): 41-45.

Tanbunaan, Gideon Imanto. "Spiritualitas Generasi Muda dan Keluarga." Dalam Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia, diedit oleh Bambang Budijanto, 59-78. Jakarta: Bilangan Research Center, 2018.

William, Barry, dan William J. Connolly. The Practice of Spiritual Direction. New York: Harper One, 1982.

Yaconelli, Mark. Pelayanan Kaum Muda Kontemplatif. Diterjemahkan oleh Hendro Lim. Jakarta: STT Amanat Agung, 2015.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Ed. ke-3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

"Spiritual Direction." Ignatian Spirituality. Diakses 8 Mei 2022. https://www.ignatianspirituality.com/making-good-decisions/spiritual-direction/.

Diterbitkan
2023-12-29
##submission.howToCite##
Bainuan, I. R. H. (2023). Penerapan Mutual Direction dalam Pelayanan Kaum Muda. Jurnal Pelayanan Kaum Muda, 1(2), 31-44. https://doi.org/10.47901/jpkm.v1i2.586